desain-interior-modern

Inspirasi Desain Interior Modern: Ide dan Tren Terbaru

Mengatur desain interior sendiri memang bikin kepala cenat-cenut. Memilih warna dinding yang tepat, menata furnitur yang sesuai, mencari aksesori yang cocok hingga menentukan tema desain interior bisa membuat siapa saja merasa kewalahan dan bingung. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kita akan membahas desain interior modern yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi desain modern dalam renovasi atau mengkonsep hunian yang kamu impikan.

Nah tidak usah berlama-lama mari kita bahas agar kamu makin yakin untuk mendesain interior dengan tema modern yang keren.

Apa Itu Desain Interior Modern dan Perbedaan dengan Desain Kontemporer?

Tren desain interior selalu mengalami perkembangan mengikuti zaman. Salah satu desain interior yang cukup menarik dan banyak diminati adalah desain interior modern, nah lalu apa perbedaannya dengan desain interior kontemporer

Desain Interior Modern

Desain interior modern mengacu pada gaya yang muncul pada abad ke-20, terutama pada tahun 1920-an hingga 1950-an. Ciri utama desain interior modern adalah kesederhanaan, kemudahan dan fungsionalitas. Ciri lain dalam desain ini adalah penggunaan garis lurus yang tegas dan bentuk-bentuk geometris yang sederhana. Warna yang dominan adalah warna netral dengan tone pastel seperti putih, opal grey, peach, opal green dan lain-lain. Ciri selanjutnya untuk desain ini adalah dekorasi tampilan yang bersih dan futuristik. Furnitur yang digunakan biasanya memiliki desain yang minimalis dengan fungsi yang jelas. Desain interior modern sangat menghargai ruang terbuka dan pencahayaan alami.

Desain Interior Kontemporer

Sedangkan desain interior kontemporer, di sisi lain, merujuk pada desain yang lebih aktual dan mengikuti tren terkini. Desain ini terus berkembang seiring berjalannya waktu, mengikuti perkembangan teknologi, tren, dan gaya hidup masyarakat. Ciri utama desain interior kontemporer adalah adaptasi yang fleksibel terhadap perubahan dan kebutuhan zaman. Desain ini lebih bebas dalam hal pemilihan warna, bahan, dan gaya apabila dibandingkan dengan gaya modern. Desain interior kontemporer juga cenderung menggabungkan unsur-unsur tradisional, vintage, etnis yang disesuaikan dengan zaman.

Agar tidak salah dalam mendesain interior rumah agar sesuai dengan yang kamu inginkan, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim ruwarnastudio yang siap menyelesaikan segala permasalahan mewujudkan rumah impianmu.

Ciri-ciri Desain Interior Modern

Lantai polos

Desain interior modern cenderung akan menggunakan lantai dengan tampilan polos, agar ruangan terlihat lebih clean, luas dan elegan. Lantai polos yang digunakan biasanya berbahan VINYL atau keramik granit dengan warna atau pola yang minimalis.

Ruang minim sekat dan terlihat luas

Ciri selanjutnya desain interior modern cenderung memiliki tata letak terbuka dengan sedikit sekat atau dinding pembatas. Ini menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, aliran udara yang lebih lancar antar-ruangan, dan memberikan penampilan visual yang lebih besar.

Pencahayaan Alami Sangat Dipertimbangkan

Desain interior modern mengutamakan penggunaan pencahayaan alami sebanyak mungkin. Jendela besar, pintu kaca hingga taman dalam rumah digunakan untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Hal ini memberikan suasana yang terang, segar, dan ramah lingkungan.

Furniture minimalis

Desain interior modern menggunakan furniture dengan desain minimalis. Syarat furniture yang bisa digunakan untuk tema modern cenderung memiliki bentuk sederhana dengan garis-garis yang bersih, seringkali tanpa ornamen yang rumit. Prinsip utama furniture minimalis adalah kepraktisan dan fungsionalitas, sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih teratur dan terorganisir.

Menggunakan Material Alam

Desain interior modern sering mengaplikasikan material alam seperti kayu, batu, atau logam dalam elemen-elemen dekoratif. Penggunaan material alam ini memberikan kesan yang hangat, alami, dan organik pada ruangan. Selain itu, material alam berupa tanaman dalam ruangan bisa juga ditambahkan sebagai hiasan dan juga filter udara di dalam rumah.

Konsultasikan Rumahmu Bersama Ruwarna Studio

Bagaimana mulai tertarik untuk membuat hunian seperti desain interior modern? Nah untuk merealisasikan hal tersebut tidak akan pernah tercapai apabila furniture dan yang kamu miliki sudah usang dan ketinggalan zaman. Jika bingung harus berkonsultasi kemana, kami siap untuk membantu kamu untuk mewujudkan rumah impianmu. Konsultasikan disini.

Back to blog

Wujudkan Rumah Idamanmu bersama Ruwarna Studio

Kami akan memberikan konsultasi terbaik untuk rumah idaman Anda