pemilihan-cat-berkualitas

Tips Memilih Cat dengan Kualitas Terbaik untuk Hasil Akhir yang Memuaskan

Pemilihan cat memiliki peran penting untuk hasil akhir yang memuaskan. Cat yang bagus tidak hanya membuat ruangan semakin cantik, tapi juga bisa melindungi dinding dari kerusakan akibat cuaca ataupun sinar matahari. Jadi dinding akan awet dan lebih tahan lama. Nah, gimana sih caranya memilih cat berkualitas terbaik? Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak sampai akhir ya agar kamu tahu bagaimana cara pemilihan cat berkualitas terbaik?

Ciri-Ciri Cat Berkualitas

Ciri-ciri cat berkualitas meliputi beberapa faktor penting. Pertama, cat berkualitas biasanya memiliki daya tutup yang baik, artinya cat dapat menutupi dinding dengan sempurna dengan sedikit lapisan. Selain itu, cat yang berkualitas memiliki keunggulan tahan lama dan tahan terhadap noda serta sinar UV, sehingga warnanya tetap terjaga dan tidak mudah pudar. Cat yang berkualitas juga memberikan hasil akhir yang halus dan rata, tanpa adanya bekas kuas atau guratan yang terlihat. Selanjutnya, cat yang berkualitas memiliki formula yang mudah diaplikasikan, tidak menggumpal, dan cepat kering. Ketahanan cat terhadap gesekan dan goresan juga merupakan ciri khasnya. Terakhir, cat berkualitas biasanya diproduksi oleh merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik, dengan tersedianya berbagai pilihan warna dan jenis sesuai kebutuhan.

Tips Pemilihan Cat Berkualitas

Tips berikut ini sangat berguna bagi kalian yang masih kebingungan dalam pemilihan cat berkualitas, mari kita bahas satu persatu :

Sesuaikan dengan Anggaran

Pertama dan yang terpenting yaitu tentukan anggaran yang sesuai, apabila budget yang kamu miliki masih minim, kamu bisa konsultasi bersama tim ruwarnastudio dan akan membantu mencari cat berkualitas terbaik yang masuk dalam anggaran yang kamu miliki.

Perhatikan Jenis Cat

Terdapat berbagai jenis cat yang tersedia di pasaran, seperti cat tembok, cat akrilik, dan cat minyak. Pastikan kamu memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dinding atau perabotan yang akan dicat. Sementara untuk cat dinding juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Cat outdoor dan cat indoor. Pengaplikasian yang salah tentunya akan mempengaruhi hasil akhir dan juga ketahanan tembok rumahmu.

Pilih Cat yang Ramah Lingkungan

Cat dengan label ramah lingkungan atau berbahan dasar air biasanya lebih baik dalam hal kualitas dan keamanan. Selain itu dengan memilih produk yang “ramah lingkungan” kamu sudah memberikan sumbangsih menjaga bumi, karena produk ramah lingkungan pastinya lebih aware terhadap bahan baku produksi yang aman dan tidak mencemari.

Perhatikan Keunggulan Cat

Periksa label cat untuk mengetahui keunggulan yang dimilikinya. Baca dengan seksama apa saja keunggulan yang dimiliki disesuaikan dengan yang diinginkan. Misalnya: daya tutup tinggi, tahan lama, anti-noda, anti jamur, anti bocor dan tahan terhadap sinar UV.

Pertimbangkan Daya Tutup Cat

Pastikan cat memiliki daya tutup yang baik, meskipun harga untuk satu kalengnya lebih mahal dari cat lainnya akan tetapi ketika diaplikasikan cat dengan daya tutup yang baik sebenarnya lebih murah karena tidak perlu menerapkan lapisan berulang-ulang. Dan yang pastinya lebih hemat waktu pengerjaan.

Lihat Tingkat Kilap

Pilih tingkat kilap yang sesuai dengan tempat yang kamu ingin warnai. Biasanya, tersedia pilihan tingkat kilap seperti matte, satin, semi-gloss, dan gloss. Untuk cat outdoor biasanya dipilih cat dengan tipe gloss karena dapat memantulkan panas dan juga tahan terhadap air, sementara indoor kamu bisa memilih tingkat kilap yang lebih rendah karena akan lebih nyaman dipandang.

Cek Kelebihan dan Kekurangan

Membaca ulasan dan testimoni dari pengguna sebelumnya dapat memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan cat tertentu dengan lebih akurat. Hal ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan.

Gunakan Tabel Lingkaran Warna

Apabila kamu kesulitan untuk menentukan kombinasi warna yang berbeda antara satu ruang dengan ruang lain dan tidak ingin terlalu kontras. Kamu bisa melihat tabel lingkar warna dan menentukan kombinasi paling serasi agar menghasilkan tone yang serasi.

Sesuaikan dengan Pencahayaan Rumah

Yang terakhir dalam pemilihan cat berkualitas adalah menyesuaikan dengan pencahayaan rumahmu. Jangan hanya memilih warna yang sesuai dengan seleramu. Jika rumahmu memiliki cahaya lampu pijar, maka warna yang harus kamu ambil adalah warna dengan tone yang memberikan nuansa hangat juga, seperti krem atau kuning.

Apabila rumahmu menggunakan cahaya lampu pendar, maka warna yang dihasilkan cenderung lebih ke warna putih atau biru. Karena hasilnya akan terlihat lebih bersih dan netral.

Konsultasikan Rumah Idamanmu bersama Ruwarna Studio 

Untuk kamu yang ingin cepat dan lebih efisien lagi dalam memperbaiki rumah, dekorasi dan furniture, coba konsultasikan segala kebutuhanmu bersama Ruwarna studio jangan sampai konsep yang kamu inginkan jadi acak-acakan karena kamu asal dalam mendekor rumah.

Ditangan para ahli rumah impianmu bukan sekedar impian, ia akan mewujud menjadi rumah nyata yang aman, nyaman untuk keluarga. Dengan begitu rumah bisa lebih indah dari tempat wisata dan kamu bisa betah berlama-lama di dalamnya.

Back to blog

Wujudkan Rumah Idamanmu bersama Ruwarna Studio

Kami akan memberikan konsultasi terbaik untuk rumah idaman Anda